Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

5 Hal Penting! Sebelum Anda Membeli Saham Perusahaan.

Source
        Banyak dari investor pemula sering bingung dalam memilih perusahaan yang tepat untuk investasi mereka. Kebiasaan dari investor pemula yang salah biasanya :

1. Hanya sekedar ikut - ikutan orang.
2. Asal cari harga murah.
3. Tidak punya manajemen / strategi investasi.
4. Tidak menganalisa secara teknikal ataupun fundamental.

       Kebiasaan diatas sangat tidak dianjurkan untuk menjadi investor. Seorang investor harus peka setidaknya terhadap barang investasinya, oleh karena itu biasanya investor dituntut untuk terus sering membaca, bisa baca koran berita ekonomi, baca laporan keuangan, kebijakan ekonomi baru, dsb.

Kembali pada pembahasan awal, berikut adalah 5 hal dasar sebuah perusahaan yang layak untuk dijadikan investasi jangka panjang.

1. Prospek Perusahaan dan Industri


     Mengenali prospek perusahaan yang ingin anda beli itu perlu, bergerak pada bidang apa perusahaan yang anda ingin beli, Apakah bergerak di Pertambangan, Agrikultur, Consumer goods, konstruksi, properti, bank, digital ?
     Banyak pertimbangan yang anda harus ketahui, seperti mampukah usaha A berlanjut hingga 5 tahun kedepan, atau 10 tahun kemudian. Anda dituntut cerdas dalam memilih demi amannya dana investasi anda.

2. Track Record Perusahaan

    Selanjutnya ada pada track record perusahaan, coba kenali perusahaan anda berdasarkan track record mereka, anda bisa mencari berdasar berita atau dengan data yang sudah disediakan oleh lembaga pasar modal indonesia di >> IDX <<. karena semua bentuk laporan yang dibutuhkan investor akan terpublikasi secara terbuka dan bisa di akses melalui pasar modal indonesia/IDX.

3. Pemegang Saham Pengendali

    Ke- 3 adalah pemegang pengendali saham, mengapa ini penting?
karena pemegang pengendali juga berpengaruh terhadap liquiditas saham perusahaan tersebut. hal ini berkaitan pemegang pengendali biasanya punya kepimilikan mayoritas atas saham tersebut.

4. Manajemen Perusahaan


    Bagian terpenting pula dari pemilihan saham, manajemen perusahaannya, manajemen perusahaan yang bagus menjadi salah satu faktor jaminan perusahaan tersebut akan bertahan berapa lama dan bisa meraih untung selama beroperasi. hal ini bisa dilihat dari segi nilai Aset , Liability, Cash flow, Net Profit dsb. Semua informasi itu bisa anda dapat pada aplikasi smartphone RTI Business.

5. Kinerja Perusahaan


    Bagian 5, Kinerja perusahaan tentu ini bagian terpenting pula dalam pemilihan saham yang tepat, sangat tidak bijak jika kita memilih saham yang kinerja perusahaannya menurun drastis tanpa alasan yang logis. Memang dalam dunia bisnis tidak ada perusahaan yang terus bergerak naik terus karena terkadang juga mengalami penurunan. 
    Saya sarankan untuk mecari informasi lebih dalam terkait kinerja suatu perusahaan, kalau saya sih biasanya cari perusahaan yang besar dan terkenal, jadi saya msh bisa pantau secara kasar bagaimana kinerja perusahaan tersebut selama ini.


    Dari 5 teori diatas itu bisa menjadi acuan sebagai dasar pemilihan saham yang bagus untuk dibeli. namun ingat tidak ada yang tau bagaimana pasar akan berjalan kedepannya, akankah berjalan mulus? atau ada halangan karena bencana? tidak akan ada orang yang tau.
Alangkah baiknya jika kita tetap berfikir positif demi keberlangsungan kita bersama.


Yuk sebarin ke temen - temen kalian soal investasi, di Indonesia jumlah investor baru 0,4% dari total penduduk lho. masih banyak peluang untuk menjadikan indonesia negara maju!

#YukNabungSaham

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]